Halaman

Rabu, 29 Mei 2013

Definisi Motivasi

Motivasi berasal dari kata latin “movere” yang berarti “dorongan atau daya penggerak”. Motivasi ini sangat diperlukan seseorang dalam menjalankan segala aktivitasnya. Dalam menjalankan hidup, seseorang memerlukan banyak motivasi agar ia dapat menjalankan segala sesuatu yang dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dalam dunia pendidikan, seorang anak memerlukan motivasi (Source : http://makalahmajannaii.blogspot.com/2012/07/makalah-motivasi-belajar.html)
Seperti yang terlansir dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) motivasi adalah :
1.      Dorongan yg timbul pada diri seseorang secara sadar atau tidak sadar untuk melakukan suatu tindakan dengan tujuan tertentu;
2.      Usaha yang dapat menyebabkan seseorang atau kelompok orang tertentu tergerak melakukan sesuatu karena ingin mencapai tujuan yang dikehendakinya atau mendapat kepuasan dengan perbuatannya.
Menurut Wikipedia Ensiklopedia Bebas :
Motivasi adalah proses yang menjelaskan intensitas, arah, dan ketekunan seorang individu untuk mencapai tujuannya. (Source : http://id.wikipedia.org/wiki/Motivasi)
Definisi Motivasi menurut beberapa ahli :
1.    Wlodkowski (1985) menjelaskan motivasi sebagai suatu kondisi yang menyebabkan atau menimbulkan perilaku tertentu, dan yang memberi arah dan ketahanan (persistence) pada tingkah laku tersebut. Pengertian ini jelas bernafaskan behaviorisme.
2.    Gray, lebih suka menyebut pengertian motivasi sebagai sejumlah proses, yang bersifat internal, atau eksternal bagi seorang individu, yang menyebabkan timbulnya sikap antusiasme dan persistensi, dalam hal melaksanakan kegiatan- kegiatan tertentu.

3.    McDonald, memilih pengertian motivasi sebagai perubahan tenaga di dalam diri seseorang yang ditandai oleh dorongan efektif dan reaksi- reaksi mencapai tujuan. Motivasi merupakan masalah kompleks dalam organisasi, karena kebutuhan dan keinginan setiap anggota organisasi berbeda satu dengan yang lainnya. Hal ini berbeda karena setiap anggota suatu organisasi adalah unik secara biologis maupun psikologis, dan berkembang atas dasar proses belajar yang berbeda pula.
4.    T. Hani Handoko, mengemukakan bahwa motivasi adalah keadaan pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan tertentu guna mencapai tujuan.
5.    A. Anwar Prabu Mangkunegara, memberikan pengertian motivasi dengan kondisi yang berpengaruh membangkitkan, mengarahkan dan memelihara prilaku yang berubungan dengan lingkungan kerja.
6.    H. Hadari Nawawi, mendefinisikan motivasi sebagai suatu keadaan yang mendorong atau menjadi sebab seseorang melakukan sesuatu perbuatan atau kegiatan yang berlangsung secara sadar.
7.    Henry Simamora, pengertian motivasi menurutnya adalah Sebuah fungsi dari pengharapan individu bahwa upaya tertentu akan menghasilkan tingkat kinerja yang pada gilirannya akan membuahkan imbalan atau hasil yang dikehendaki.

Motivasi apabila dituliskan dalam Bahasa Inggris menjadi yaitu MOTIVATION. Kata dasar dari MOTIVATION adalah MOTIVE yang juga telah diadopsi oleh bahasa Indonesia menjadi MOTIF.
MOTIF dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) artinya alasan atau sebab seseorang melakukan sesuatu. Contoh kalimat dari kata motif adalah “polisi belum menemukan motif pembunuhan itu”. Perkataan Motif disini berarti polisi belum menemukan alasan (sebab) pelaku melakukan pembunuhan. Oleh karena kata motivasi bisa juga dimaksudkan sebagai sebab, alasan, atau tujuan, maka tujuan seseorang itulah yang menjadi penggerak utama baginya untuk berusaha keras mencapai atau mendapatkan apa yang diinginkannya. 

Motif memiliki fungsi yang sama dengan keinginan,  hasrat, keperluan seseorang yang merupakan pendorong untuk bersungguh – sungguh mencapai atau mendapatkan apa yang diinginkannya.
Lebih besar atau pentingnya motif dibalik keinginan seseorang yang ingin dicapainya, lebih kuat pula dan serius usaha seseorang dalam mencapai keinginannya. Meskipun waktu untuk mencapainya cukup lama. Oleh karena itu, dapat ditarik kesimpulan di sini :
"Motivasi adalah suatu bentuk dorongan dari dalam diri yang menjadi penggerak utama seseorang, untuk mencapai apa juga yang diinginkan."
Selain bisa diartikan sebagai alasan seseorang untuk melakukan sesuatu, Motivasi bisa juga diartikan sebagai STIMULATOR.
Stimulator berasal dari kata Stimulasi yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah Dorongan atau Rangsangan. Dimana Stimulator dapat diartikan sebagai pendorong atau perangsang seseorang untuk melakukan usaha dalam mencapai tujuan. Contohnya, Zaki yang mempunyai makanan favorit yaitu bakso, dimana suatu waktu di siang hari Zaki merasa sangat lapar dan terbayangkan olehnya semangkok bakso sebagai makanan favoritnya. Zaki pun rela berjalan kaki dan berpanas – panasan ke warung bakso.
Di sini dapat ditarik kesimpulan :
"Motivasi adalah stimulasi atau semangat atau pendorong akibat rangsangan atau kegairahan terhadap sesuatu yang benar-benar diinginkan."
Apabila kita betul betul dan benar benar inginkan sesuatu, ketakutan atau kemalasan menjadi perkara kedua. Mencapai  tujuan akan menjadi perkara utama; keberanian, kerajinan dan ketekunan akan timbul seperti contoh yang ada di atas tadi. Oleh itu, kita bisa simpulkan bahwa: 

"Motivasi adalah suatu pembangkit yang menimbulkan adanya keinginan, keberanian dan kesungguhan untuk mencapai tujuan yang benar benar diinginkan serta diyakini (percaya diri) bisa dicapai / diperoleh."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar